kurang-tidur

Efek Kurang Tidur

Apa efek atau resiko dari akibat kurang tidur bagi kesehatan kita? Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan mahkuk hidup terutama manusia, mengistirahatkan tubuh dan pikiran dimalam hari memang penting. Itu karena, dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari. sehingga kita akan lebih siap menghandapi tantangan atau kondisi yang berat dan memlelahkan. kebalikanya jika kurangnya jam tidur bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, akibatnya tubuh akan lemas dan sulit berkonsentrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sering mengabaikan aktifitas tidur dimalam hari seperti menonton acara televisi, curhat dengan teman sampai larut malam, mengerjakan tugas dan kegiatan lainya. Kurangnya tidur di malam hari memang berakibat buruk bagi kesehatan.

7 Akibat Kurang Tidur

Nah berikut adalah bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan, diantaranya:

1. Untuk anda yang setiap hari beraktifitas dengan berkendara memakai sepedah motor dan mobil, maka anda wajib memiliki jadwal istirahat yang cukup di malam hari. di karenakan jika jam istirahat tidur anda di malam hari kurang, maka anda akan kurang fokus saat menyetir kendara. Ini bisa membahayakan nyawa anda. sebuah penelitian di Amerika mengemukakan, bahwa kualitas tidur yang rendah bisa menyebabkan kecelakan dan ceder saat bekerja.

2. Menurunnya konsentrasi saat berpikir. Jika anda pelajar atau anda pekerja yang menggunakan pikiran untuk bekerja, maka terganggunya konsentrasi saat belajar atau bekerja bisa membuat anda stress.

3. Berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Akhirnya tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, strok, darah tinggi sampai diabetes. Anda tidak mau bukan hal ini sampai terjadi ?

4. Mempengaruhi emosional yaitu sering marah-marah tidak jelas, kelihatan murung dan sering mengalami stress disela aktifitas anda sehari-hari.

5. Berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit dan mata. Hal ini mengakibatkan, kulit terlihat pucat dan kusam serta kerutan halus akan nampak pada kulit serta kantung mata yang membengkak.

6. Keenam yaitu sering merasa lupa untuk mengingat barang-barang yang anda letakan sendiri.

7. Akibat kurang tidur yang terakhir adalah obesitas atau kegemukan. Beberapa orang meyebutkan kurang tidur bisa mengurangi berat badan, jelas saja hal ini tidak benar. Karena saat kita terjaga dimalam hari maka hasrat atau nafsu makan kita akan meningkat, sehingga membuat perut kita akan merasa lapar. Kebiasan makan atau sekedar ngemil dimalam hari bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

Sumber : http://manfaat.co/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s