Tips untuk menaikkan SEO situs Anda

image

Banyak orang berkata, “Buatlah saja dan mereka akan datang,” tapi hal ini tentunya tidak berlaku pada situs-situs. Cara terbaik untuk membuat banyak pengunjung datang ke situs Anda adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Akan sangat sulit untuk menyeimbangkan antara membuat konten yang menarik dan memastikan Google (dan mesin pencari lain) dapat menemukan situs Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda:

Meriset Kata Kunci

Memilih kata kunci yang tepat artinya Anda bisa menargetkan orang-orang yang akan mencari topik yang Anda kuasai. Ini harus menjadi titik permulaan Anda bahkan sebelum mulai menulis. Pertama-tama tentukan siapa yang Anda targetkan dan dimana letak domisili audiens potensial Anda, apakah mereka berada dalam satu Negara, ataukah berada di sekeliling dunia?

Setelah Anda sudah memiliki daftar kata kunci potensial, Anda bisa menggunakan alat seperti Google AdWords Keyword tool atau Wordtracker, Anda bisa tentunya mana yang paling baik digunakan. Selain menggunakan kata kunci dalam konten Anda, jangan lupa untuk menyelipkannya juga dalam tag judul (title tags), meta descriptions, heading tags, alt text, tautan internal (internal links), dan banyak lagi.

Tidak ada aturan yang jelas untuk mendapatkan ‘kehandalan kata kunci’ yang paling optimal. Tentu akan tergantung kepada kata atau frasa yang dipilih, dan panjang teksnya. Sebagai gambaran kasar, pastikan kata kunci Anda berada di judul atau sub-judul halaman, dan muncul 2-3 kali dalam halaman tersebut.

Riset kata kunci yang baik adalah basis untuk semua usaha meningkatkan SEO dan juga akan menyediakan fondasi untuk memperluas situs Anda nantinya.

Targetkan Mesin Pencari (Search Engine)

Google adalah mesin pencari paling populer di dunia, dan merupakan target utama kebanyakan usaha peningkatan SEO. Tapi Google bukanlah pemimpin pasar di semua tempat.

Jika Anda menargetkan pembaca atau pelanggan di Negara Cina, maka Baidu adalah mesin pencari yang paling populer, dan Yandex mendominasi Rusia. Orang Jepang masih menyukai Yahoo! Dan penduduk Korea Selatan lebih memilih Naver. Kebanyakan tips ini akan mempengaruhi di semua mesin pencari. Tapi menginvestasikan waktu Anda untuk meriset tentang mesin pencari yang berbeda dari yang utama jika Anda ingin menargetkan Negara tertentu.

Konten yang baik

Mesin pencari mungkin tidak bisa membedakan tulisan yang baik dan buruk, tapi pembaca Anda bisa melakukannya. Membuat konten yang sudah diriset dan berkualitas tinggi adalah rahasia untuk membuat User tetap kembali ke situs Anda. Jangan menyepelekan pentingnya memeriksa pengejaan dan struktur bahasa dalam konten Anda.

Penempatan (layout) yang rapi, mudah dibaca, dilengkapi dengan gambar dan video yang diletakkan dengan cerdas, akan membantu Anda menciptakan kesan yang tepat. Anda akan membutuhkan sebuah sistem yang menjaga halaman-halaman Anda tetap ‘segar’ dan up-to-date. Mesin pencari, dan juga pembaca, lebih memilih website dengan konten yang fresh dan unik.

Jika Anda memilih untuk menerjemahkan website Anda untuk pembaca internasional, jangan gunakan alat penerjemah otomatis. Mereka mungkin berguna untuk mengerti sekilas tentang teks tersebut, tapi mereka belum bisa menyaingi sorang penulis manusia. Membayar penerjemah untuk memastikan konten Anda fasih, layak dibaca, dan bebas dari kesalahan adalah hal yang pantas untuk dibayar.

Memilih nama domain yang tepat

Idealnya nama domain Anda harus pendek, mudah diingat, dan kata kunci Anda termasuk di dalamnya. Walaupun begitu, nama-nama terbaik cepat diambil orang dan Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan salah satunya. Dalam kasus ini, jangan terpaku dengan kata kunci dalam menentukan nama domain Anda. Memenuhi url Anda dengan kata-kata kunci akan membuatnya sulit diingat, tidak user-friendly, dan lebih sering salah diketikkan.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuat bisnis berskala internasional, ambilah salah satu nama-nama domain terbaik itu. Jika Anda sekarang menggunakan alamat ‘.com’, coba lihatlah juga ‘.jp’, ‘.fr’, dan ‘.cn’.

Ini adalah cara paling efektif untuk melakukan SEO. Tapi jika Anda merasa bahwa ini terlalu mahal atau memakan banyak waktu, Anda bisa membuat sub-direktori atau sub-domain sebagai bagian dari situs utama Anda.

Gunakan desain yang simpel

Menjaga agar desain situs Anda tetap simpel,terstruktur, dan mudah dijelajahi adalah hal yang terbaik. User yang frustasi hampir pasti akan menyerah jika mereka tidak bisa mendapat informasi yang mereka cari. Pilihlah tema warna Anda dengan hati-hati. Hindari latar belakang yang berkilau, atau kuning dan pink yang menyakitkan mata.

Cascading Style Sheet (CSS) menjaga agar konten Anda tetap terpisah dari desain situs Anda, yang artinya Anda mendapat lebih banyak fleksibilitas. Jika nantinya Anda memutuskan untuk mengganti konten, Anda tidak perlu mendesainnya lagi dari nol.

Unicode UTF-8 juga merupakan alat yang bagus karena dia bisa memenuhi lebih dari 90 script yang berbeda, jadi menglobalisasikan konten Anda menjadi lebih mudah jika sudah dikodekan dengan benar sejak awal.

Social Media

Social media sudah menjadi bagian penting dari SEO. Algoritma yang digunakan Google sekarang lebih memperhitungkan social media – yang artinya Anda juga harus melakukannya. Anda tidak akan rugi jika meningkatkan tingkat kehadiran Anda di media sosial, dan pastikan konten Anda bisa dibagikan (share) melalui media sosial.

Masukkan tombol Facebook, Twitter, dan LinkedIn kedalam posting Anda. Lalu gunakan ketiganya (atau lebih) untuk menyebarkan info tentang situs Anda. Tentunya, media sosial adalah tempat untuk membangun hubungan, jadi lakukanlah percakapan atau berbagi dengan user lain yang ada dalam bidang Anda.

SEO adalah proses yang berkelanjutan dan berkesinambungan, dan Anda tidak akan mendapat hasil dalam semalam. Anda akan melakukan banyak usaha untuk mendaki sampai Anda bisa mencapai urutan atas dalam hasil pencarian – dan usaha teratur untuk tetap berada disana. Tapi hasilnya akan sangat besar, karena Anda akan mendapat pembaca dari seluruh dunia, dan terus berkembang.

Sumber : startupbisnis

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s