Bau Mulut

Puasa Menyebabkan Bau Mulut Ko Bisa Sih

Faktor Timbulnya Bau Mulut Ketika Puasa

  • Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa makan, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.

Solusi Menghilangkan Bau Mulut

1. Minum

Saat sahur dan berbuka puasa, minumlah air putih sekitar  8 gelas. Ini akan membantu mengurangi bau mulut di siang hari, saat Anda berpuasa.

2. Makanan berbau tajam

Selama sahur dan berbuka puasa, hindarilah makanan-makanan yang berbau tajam. Misalnya jengkol, petai, bahkan durian.

3. Gosok gigi

Ini adalah kegiatan yang tetap harus dilakukan saat berpuasa. Gosoklah gigi setidaknya 2 kali sehari, khususnya setelah menyantap sahur dan sebelum tidur.

4. Kumur

Meski puasa, Anda bisa berkumur-kumur. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memakai obat kumur (mouthwash). Kegiatan ini untuk membersihkan sisa-sisa makanan agar tidak membusuk di mulut dan pada akhirnya menimbulkan bau mulut. Tapi, air kumurnya jangan ditelan ya.

5. Rokok

Benda ini merupakan salah satu penyebab bau mulut. Usahakan untuk mengurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi saat sahur maupun buka puasa. Lebih baik lagi jika Anda berhenti merokok!

6. Teh hijau

Sebagai tambahan, konsumsilah teh hijau, tanpa gula. Segelas teh hijau saat sahur dan buka akan menjauhkan Anda bau mulut. Sebab, teh hijau mengandung zat aktif, catechin. Zat ini terkenal ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

7. Makanan Lengket

Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.

8. Olah Raga

Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Demikianlah penyebab bau mulut pada saat puasa & solusi untuk menghadapinya.

Sumber : Berbagai Artikel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s