kurma

Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa

4 Manfaat Menakjubkan Kurma Bagi Kesehatan

Bulan Ramadan identik dengan beragam panganan khas yang dijajakan. Salah satunya adalah buah kurma. Buah yang dijadikan makanan favorit berbuka para nabi ini ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan.Dilansir dari laman Livestrong, buah yang tumbuh di daerah tandus seperti Timur Tengah ini lebih bergizi ketika disantap langsung ketimbang dicampurkan dalam panganan lain.

Berikut adalah manfaat kurma bagi kesehatan:

1. Tak meningkatkan kadar gula secara drastis
Rasanya yang manis, kurma sering dianggap sebagai salah satu buah yang dapat memicu lonjakan kadar gula darah. Padahal anggapan ini sama sekali tidak benar. Studi 2011 yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Nutrition’ menyebut bahwa kurma mengandung gula alami berglikemik rendah sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.

Bahkan penelitian ini merekomendasikan kurma bagi penyandang diabetes. Oleh karena itu mengonsumsi kurma saat berbuka sangat dianjurkan, karena bisa membantu meningkatkan kadar gula, tapi tidak drastis.

2. Kaya akan serat
Siapa sangka buah kecil berwarna cokelat ini mengandung banyak serat. Seperti diketahui serat mampu menurunkan kolesterol, melawan obesitas, penyakit jantung dan menjaga sistem pencernaan. Serat dalam kurma termasuk serat tidak larut sehingga mampu mengikat lemak dan kolesterol serta membawanya keluar dari tubuh.

3. Mengandung trigliserida rendah
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘Journal of Agricultural and Food Chemistry’ 2009 menyebut bahwa mengonsumsi kurma dapat menurunkan kadar trigliserida 8-15 persen dalam tubuh. Trigliserida dapat memicu serangan jantung dan stroke.

4. Mengandung Vitamin dan mineral
Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Kurma kaya akan vitamin B yang membantu memperlancar metabolisme dan pembentukan sel-sel baru.

Tak hanya itu, kurma juga mengandung vitamin A dan K. Kurma juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan zat besi. Meski tubuh hanya membutuhkan zat mikronutrien ini dalam jumlah sedikit, kekurangan mineral bisa menjadi bencana bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu kurma tepat dijadikan camilan sehat di bulan puasa ini.

Sumber : Suara.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s