Menjaga Kesehatan Jantung

Ingin Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung
Jantung

Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunanicardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.Sumber : Wikipedia

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Bagi sebagian besar orang, menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting. Mereka melakukan apa saja untuk menjaga jantungnya tetap sehat, bahkan mengubah pola hidup dan pola makan mereka secara drastis. Tubuh yang sehat akan dapat melakukan banyak kegiatan, seperti; bekerja, belajar, bersosialisasi dengan orang lain, dan banyak hal lainnya. Tentu saja kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk atau penyakit menyerang tubuh kita. Dan salah satu organ tubuh yang paling vital dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya adalah jantung.

Namun apa sih penyebab kesehatan jantung bisa menjadi buruk, berikut faktor-faktor penyebabnya :

1. Faktor usia dan jenis kelamin

Pria yang berumur dibawah 50 tahun lebih beresiko terserang penyakit jantung dibandingkan wanita pada kelompok umur yang sama.

2. Faktor keturunan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit jantung bisa diturunkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

3. Karena penyakit diabetes

Orang yang menderita penyakit diabetes bisa mengalami penyakit jantung akibat komplikasi dari diabetes.

4. Karena merokok

Menurut penelitian, perokok aktif dan perokok pasif sama-sama memiliki resiko terserang penyakit jantung. Bahkan perokok pasif yang tinggal diantara para perokok aktif memiliki resiko lebih besar mengalami penyakit jantung.

5. Karena kegemukan (obesitas)

Jumlah lemak yang berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan serangan jantung pada seseorang. Hal ini terjadi karena jaringan lemak yang terlalu banyak menghambat aliran darah, ini dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung koroner.

6. Tekanan darah tinggi (hypertensi)

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan terhambatnya aliran darah dalam tubuh, inilah yang kemudian yang membuat resiko serangan jantung semakin tinggi.

7. Karena Stress Berlebihan (tekanan emosi)

Stress ternyata dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan arteri. Stress berat yang dialami seseorang dapat mengakibatkan pecahnya dinding arteri, inilah pemicu serangan jantung.

8. Karena kurang olah raga

Penelitian mengatakan bahwa orang yang kurang bergerak memiliki resiko serangan jantung yang cukup besar. Ketika seseorang yang tidak pernah berolah raga kemudian melakukan kegiatan yang berat, misalnya jogging, bekerja keras di kebun, berolah raga berat di Gym, atau berolah raga berat lainnya, kemungkinan mengalami serangan jantung cukup besar.

Setelah mengetahui faktor penyebab kesehatan jantung menurun, Bagaimana Menjaga kesehatan Jantung yang baik, berikut tipsnya :

1. Minumlah Teh Hijau Tanpa Gula, Tinggalkan Minuman Bersoda

Seduhlah sendiri teh hijau dan bawa ke manapun Anda pergi, baik itu ke kantor atau sekedar berkunjung ke taman. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah. Minum dua cangkir teh hijau tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat untuk melindungi kesehatan jantung.

2. Lakukan Relaksasi

Melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres yang bisa mendatangkan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular. Berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks. Melakukan sesi meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung.

3. Makanlah Kacang-kacangan Sehat

Gantilah cemilan Anda dengan memakan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan. Kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya telah terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah. Kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi, jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Cukup mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari dapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

4. Berjalan Kaki

Berjalan kaki membuat tubuh bergerak, melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru. Berjalan cepat sejauh tiga km setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

5. Berhenti Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru. Jika tidak bisa langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok bisa membantu jantung tetap sehat.

6. Tidur Malam Berkualitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang. Kurang tidur menyebabkan Anda memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang mungkin perlu lebih dari 8 jam.

Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu. Orang yang mendapatkan tidur cukup berat badannya lebih terkontrol dan memiliki kesehatan yang lebih baik.

7. Lakukan Latihan Kekuatan/Olahraga Beban

Menambahkan latihan kekuatan atau olahraga beban sebagai salah satu latihan pada olahraga rutin bisa memperkuat otot jantung serta membantu jantung untuk berdetak dan memompa darah lebih efisien.

Meskipun latihan aerobik harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, sesi latihan beban bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

8. Hentikan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung banyak lemak jenuh, garam, gula, bahan pengawet, dan penguat rasa. Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung, melainkan juga bisa menimbulkan penyakit kronis dan obesitas.

9. Konsumsi Air Putih

Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, anda juga dapat melakukannya dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. jika biasanya anda meminum air putih sebanyak 8 gelas, maka mulai sekarang biasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Lakukan kebiasaan tersebut settiap hari agar anda dapat merasa selalu sehat dan segar.

10. Perbanyak Senyum

Langkah selanjutnya untuk menjaga agar jantung tetap sehat adalah dengan cara memperbanyak senyum. Dengan tersenyum, pembuluh darah dalam tubuh akan membuka lebih lebar lagi. Hal ini kemudian memungkinkan darah untuk bebas mengalir ke jantung tanpa suatu hambatan tertentu.

Nah Sekarang makanan apa yang dapat menjaga kesehatan Jantung

Ikan segar
Ikan banyak mengandung asam lemak Omega 3. Asam lemak Omega 3 berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh Anda dan membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi ikan kaya asam lemak Omega 3 sebanyak 1-2 kali per minggu dapat mengurangi risiko kematian koroner hingga 36%.

Teh
Teh kaya akan antioksidan polifenol. Mengonsumsi teh dapat menurunkan gejala beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan radikal bebas, seperti penyakit jantung. Para peneliti meyakini bahwa polifenol mencegah kolesterol buruk kita (LDL) dari oksidasi yang dapat menyumbat pembuluh darah. Baca juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber makanan rendah lemak dan kaya vitamin B, folat, kalium, besi, magnesium, serat, protein, dan fitokimia (senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis termasuk penyakit kardiovaskular). Kacang hitam, kacang almond, kacang merah, kacang navy, kacang polong dan buncis adalah beberapa contoh kacang yang baik untuk jantung Anda.

Paprika
Paprika kaya akan vitamin C, kalium, vitamin A dan antioksidan. Kandungan kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan sel yang berperan dalam kontraksi otot. Bagi penderita darah tinggi, dianjurkan mencukupi kebutuhan kalium dari buah dan sayuran untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung.

Bawang putih
Studi menunjukkan bahwa bawang putih berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskular termasuk kolesterol dan trombosit. Bawang putih lebih sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar. [ Manfaat Bawang Putih ]

Buah berry
Buah berry kaya akan antioksidan lebih dari buah lain dan sayuran. Selain itu, sebuah studi terbaru di Finlandia menunjukkan bahwa makan buah berry dapat membantu meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tekanan darah.

Jeruk
Buah jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk juga kaya akan folat, antioksidan, fitokimia, kalium & serat. Vitamin C baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan serat pada jeruk membantu menurukan kolestrol darah Anda. Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis

Gandum
Adalah sumber kalori sehat yang kaya serat, vitamin dan mineral, zat besi, magnesium dan folat. Beberapa studi telah mengaitkan konsumsi gandum untuk menurunkan kolesterol darah dan pencegahan penyakit kardiovaskuler. Sereal gandum, oat dan pasta gandum adalah contoh makanan yang baik untuk jantung Anda.

Beras
Sebuah studi menyatakan bahwa, dengan mengonsumsi beras maka Anda akan mendapatkan 12 vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat, kalium, dan vitamin C dengan lemak jenuh yang rendah daripada tidak mengkonsumsi beras. Studi ini juga menemukan bahwa mengonsumsi beras dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Jadi mari kita menjaga kesehatan jantung kita bro, jantung bermasalah tentunya akan menjadi masalah bagi tubuh kita. Jagalah dan cintailah jantung kita.

Sumber : berbagai artikel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s