lelah

Cara Menghilangkan Lelah Di Tubuh

Kopi-Paste.Nih – Pernahkah anda mengalami kelelahan di tubuh setelah melakukan aktivitas seperti bekerja. Sampai dirumah tiba-tiba tubuh terasa lemah dan tidak bergairah. Tentu saja itu karena Aktivitas sehari-hari yang tak kunjung berhenti membuat seluruh badan kita serasa capek sekali. Ingin sekali kita meninggalkan rutinitas tersebut. Semua pelajar ataupun pekerja pasti pernah merasakan rasa lelah terhadap semua aktivitas yang telah dijalani tiap harinya. Lalu apa yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan rasa lelah yang dirasakan oleh tubuh kita.

Lelah merupakan rasa capek yang dirasakan oleh tubuh dan pikiran kita, ketika suatu aktivitas yang menguras energi baik itu tenaga maupun pikiran di jalankan pada suatu waktu. Pada saat tubuh terasa lelah maka aktivitas yang akan kita lakukan selanjutnya menjadi terganggu. Cara termudah yang dapat kita lakukan yaitu dengan istirahat sebentar. Tapi sebenarnya ada beberapa tips yang membantu anda menghilangkan rasa lelah pada tubuh anda.

1. Sarapan Pagi 

Biasakan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas anda. ini dikarenakan dengan sarapan tiap pagi sebelum beraktivitas maka pikiran dan kondisi tubuh anda akan lebih stabil daripada mereka yang tidak sarapan. Sehingga rasa lelah pun dapat terkurangi atau bahkan hilang pada tubuh anda di sela aktivitas anda dengan rutin sarapan pagi

 2. Penuhi Nutrisi Tubuh

Makanlah dengan teratur dengan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, baik itu karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga menghindarkan anda dari rasa lelah setelah beraktivitas, karena tubuh kita terjaga kesehatannya dan menjadikan tubuh kita lebih stabil.

3. Makanan Berserat.

Makanlah dengan makanan yang mengandung serat. Ini dikarenan dengan memperbanyak makanan yang berserat maka akan memberikan energi lebih pada tubuh kita. Sehingga tidak mudah capek dalam segala aktivitas kita.

4. Cukupi Air Putih.

Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh kita. Paling baik yaitu 8 gelas sehari bisa lebih. Ini dikarenakan air akan mempermudah darah dalam mengalir ke seluruh sel dan organ tubuh kita. Sehingga peredaran darah lancar dan rasa lelah akan terkurangi.

5. Dengarkan Musik.

Mendengarkan musik yang anda sukai merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa lelah yang ada dalam tubuh anda. jadi setelah selesai beraktivitas tidak ada salahnya mendengarkan musik yang anda sukai dengan duduk santai. Ini akan membantu menghilangkan rasa lelah tersebut.

6. Tertawalah.

Melihat acara komedi yang ditayangkan di televisi juga mampu menghilangkan rasa lelah yang anda alami setelah beraktivitas. Dengan tertawa lepas semua beban pikiran dan lelah pada tubuh anda akan sirna tanpa anda sadari.

7. Cuci Muka.

Sebelum mandi setelah beraktivitas yang membuat anda lelah, usahakan membasuh wajah anda dengan air dingin terlebih dahulu. Ini juga mampu membantu menghilangkan rasa lelah yang menghinggapi tubuh dan pikiran anda.

8. Telp Kekasih anda

Bagi yang memiliki kekasih silahkan hubungi kekasih anda atau pasangan anda, berbicara santailah dengan beliau, bercerita sambil tertawa tentunya akan menjadi obat yang sangat mujarab untuk menghilangkan kelelahan setelah beraktifitas

9. Tarik nafas dalam-dalam

Saat kita stress, aliran darah menuju otak tidak berjalan lancar sehingga membuat kerja jantung dan pengangkutan zat-zat yang dibutuhkan seluruh tubuh juga menjadi tidak baik. Menarik nafas dalam-dalam dapat membantu memberikan asupan oksigen ke otak. Apalagi anda melakukannya di tempat-tempat yang kaya akan oksigen seperti taman atau tempat yang banyak pohon-pohonan dan tanaman. Menarik nafas dalam-dalam selama kurang lebih 15 sampai 20 menit sudah cukup menenangkan tubuh.

10. Menonton tayangan yang bisa membuat perasaan lebih baik

Cobalah cari tontonan yang bisa membuat kita tertawa atau senang. Hindari tontonan seperti sinetron atau laga karena semakin membuat otak tegang. Tertawa, dapat membuat otot-otot wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya ‘berolahraga’ sehingga usai kita melakukan hal tersebut, perasaan jadi lebih plong. Tertawa juga terbukti meningkatkan hormon endorfin yang memberikan kebahagiaan.

11. Meditasi

Hampir mirip dengan bernafas dalam-dalam, meditasi memberikan asupan oksigen lebih banyak pada otak. Namun, dalam meditasi, gestur tubuh yang teratur membuat kerja organ tubuh lebih baik lagi. Jangan lupa nyalakan musik dengan beat lambat atau musik yang mengalun lembut. Pusatkan pikiran pada satu titik saat mata terpejam, diam. Dengarkan suara alam.

12. Berendam

Jika anda memilih cara ini, jangan lupa taburkan garam mandi dalam bathup. Garam mandi diketahui memiliki kandungan yang bisa memuluskan kulit serta mengangkat sel-sel mati. Boleh juga dengan bunga. Gunakan air hangat karena air hangat akan membantu memperlancar aliran darah  anda serta memberikan efek rileks.

Nah, itulah tadi tips cara mengatasi rasa capek dan lelah secara alami yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari – hari untuk tetap sehat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s