Alasan Mengapa Kita Menguap

Alasan Mengapa Kita Menguap?

Ingin Tahu Penjelasan Mengapa Kita Menguap?

Ide menarik tentang alasan menguap yang muncul beberapa tahun terakhir melalui hipotesis hipertermia.

Beberapa hipotesis muncul untuk menjelaskan alasan kita menguap, namun para ahli masih belum menemukan konsensus tentang fenomena ini.

Salah satu penjelasan yang paling sering disampaikan adalah bahwa menguap membantu menarik sejumlah besar udara untuk meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan kandungan oksigen dalam darah. Perubahan fisiologis ini meningkatkan fungsi motorik dan kewaspadaan kita, membantu kita bangun saat kita merasa lelah atau bosan.

Namun, pada 2010, jurnal Neuroscience and Biobehavioral Reviews menampilkan penelitian yang menunjukkan bukti yang melemahkan penjelasan fisiologi soal menguap, termasuk hipotesis soal meningkatnya gairah (peningkatan aktivitas otak untuk menjaga kita tetap terjaga).

Aktivitas Otak
Aktivitas Otak

Ide menarik tentang alasan menguap yang muncul beberapa tahun terakhir melalui hipotesis hipertermia. Menguap diketahui membantu mendinginkan otak kita. Pada 2007, ditemukan bahwa menempelkan kemasan hangat atau dingin di dahi mempengaruhi seberapa sering orang menguap saat menonton video yang menampilkan orang lain menguap. Ternyata kemasan yang dingin mengurangi penguapan.

Sebagai tambahan untuk menguatkan hipotesis hipertermia tersebut, peneliti juga mengungkapkan bahwa tikus menunjukkan peningkatan aktivitas otak sebelum menguap dan orang cenderung menguap saat udara di sekitarnya dingin.

Beberapa peneliti sosial melihat menguap terkait dengan mimikri dan empati. Orang kerap tertawa saat orang lain tertawa, tersenyum saat yang lain tersenyum dan cemberut saat orang lain cemberut.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tingkat empati tinggi cenderung untuk lebih mudah tertular saat melihat orang lain menguap. Sedangkan anak penyandang autisme tidak mengalami hal yang serupa.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang lebih dekat secara genetik dan emosional cenderung lebih mudah menguap saat saudara atau teman dekatnya menguap. Hal ini diduga karena adanya ikatan empati yang kuat di antara mereka. Sumber : National geografi

Jika sering menguap hal tersebut memberikan tanda?

1. Masalah tidur
Menguap yaitu tanggapan alami saat tubuh jadi capek. Tetapi menurut national institutes of health, bila menguap terus-terusan itu barangkali sinyal ada masalah tidur, layaknya insomnia, sleep apnea serta narkolepsi. Situasi ini bisa menghalangi anda memperoleh tidur malam yang nyenyak serta mengakibatkan capek di siang hari, hingga sukar untuk berkonsentrasi.

2. Kelainan irama jantung
Bila pasokan darah serta oksigen ke otak kurang, Anda bisa memgalami pingsan. Situasi ini dapat terjadi sesaat, yang berlangsung saat Anda berdiri terlampau lama, berdiri terlampau cepat, didalam kondisi stres atau tidak enak badan. Tetapi, juga bisa bermakna bahwa anda mempunyai problem jantung.

Tinggi atau rendahnya tekanan darah serta kelainan irama jantung juga bisa membatasi aliran darah ke otak. Dengan situasi lain, bila otak anda tidak memperoleh darah serta oksigen yang diperlukan, anda bisa mengembangkan gejala-gejala layaknya menguap terlalu berlebih.

3. Diseksi aorta

Diseksi aorta adalah robeknya dinding aorta, yakni arteri utama yang membawa darah dari jantung. keadaan ini dapat diwariskan atau dapat dipicu penyakit seperti tekanan darah tinggi serta penyakit arteri koroner, yang keduanya meletakkan ketegangan pada dinding arteri Sumber : ikiopo

Kondisi yang demikian bisa mengakibatkan napas pendek serta gampang capek, yang bisa menyebakan berkontribusi menguap terlalu berlebih. Bila Anda menguap terlalu berlebih dibarengi dengan kesuslitan bernapas, berkeringat, denyut nadi tidak teratur, nyeri dada atau sinyal atau tanda peringatan lain dari serangan jantung atau stroke, Sebaiknya anda periksa ke dokter karena gejala ini. Nah ternyata menguap yang berlebih merupakan indikai adanya suatu penyakit pada tubuh kita, dan sudah sepantasnya kita perlu waspada akan hal ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s